Berita Sepakbola Terlengkap

Berita Sepakbola Terlengkap Indonesia

Waktu Drawing dan Pembagian Pot Kualifikasi Piala Asia U-23 2024 Qatar: Indonesia Tuan Rumah

BolaMilenia.com – Indonesia dipastikan bakal menjadi tuan rumah dalam ajang Kualifikasi Piala Asia U-23 2024 Qatar. Adapun untuk drawing kejuaraan ini berlangsung pada 25 Mei 2023.

Ini seperti disampaikan oleh Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC). Drawing akan digelar di markas AFC, Kuala Lumpur, Malaysia, pada 25 Mei 2023.

Sebanyak 43 tim akan berpartsipasi di babak Kualifikasi yang berlangsung mulai 4-12 September 2023. Selain Timnas Indonesia, AFC menunjuk Bahrain, China, Yordania, Korea Selatan, Kuwait, Arab Saudi, Tajikistan, Thailand, Uzbekistan, dan Vietnam sebagai tuan tumah.

Tim akan dibagi menjadi 11 grup. Nantinya, 10 grup akan terdiri dari empat tim sementara satu grup terakhir berisi tiga tim.

11 juara grup dan empat runner-up terbaik akan lolos ke putaran final Piala Asia U-23 2024. Mereka akan bergabung dengan Qatar yang sudah lolos otomatis dengan status tuan rumah sehingga bertotal 16 peserta.

Untuk Pot pengundian didasarkan dari hasil Piala Asia U-23 2022 yang berlangsung di Uzbekeistan. Tim yang tidak mengikuti putaran final saat di Uzbekistan akan berada di Pot paling rendah.

Timnas U-22 Indonesia vs Thailand, Final SEA Games - PSSI
PSSI

Namun, Qatar tetap akan ikut kualifikasi meski hasil nantinya tak mempengaruhi apapun. Putaran final ajang ini nantinya berlangsung di Qatar pada 15 April hingga 3 Mei 2024.

“Semua pertandingan yang melibatkan Qatar akan dianggap sebagai pertandingan persahabatan dan tidak diperhitungkan saat menghitung peringkat akhir grup,” tulis pernyataan AFC.

Berikut Pembagian Pot Undian Piala Asia U-23 2024 Qatar

Pot 1: Jepang, Australia, Irak, Turkmenistan, Uni Emirat Arab

Pot 2: Iran, Malaysia, Myanmar, Kamboja, Suriah, India, Singapura

Pot 3: Republik Kirgistan, Palestina, Yaman, Timor-Leste, Taiwan, Lebanon, Laos, Bangladesh, Hong Kong, China, Maladewa, Oman

Pot 4: Mongolia, Filipina, Afghanistan, Brunei Darussalam, Korea Utara, Guam, Makau, Pakistan, Qatar

Pot Tuan Rumah: Bahrain, Tiongkok PR, Indonesia, Yordania, Korea Selatan, Kuwait, Arab Saudi, Tajikistan, Thailand, Uzbekistan, dan Vietnam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *