Berita Sepakbola Terlengkap

Berita Sepakbola Terlengkap Indonesia

Resmi Beli Manchester United, Ini yang Dilakukan Sir Jim Ratcliffe

BolaMilenia.com – Proses akuisisi saham 25 persen Manchester United oleh Sir Jim Ratcliffe (SJR) melalui perusahaannya, INEOS, resmi terealisasi. Ke depannya, SJR akan mulai mengurus operasional klub berjuluk Red Devils tersebut.

Sejak beberapa bulan lalu, SJR memang santer dikabarkan akan membeli saham Man United yang mayoritas dikuasai keluarga Glazer. Sebelumnya, ada pula Sheikh Jassim dari Qatar yang juga menyatakan ketertarikan serupa, tapi pada akhirnya tersisa SJR.

Pasalnya, meski Sheikh Jassim dikabarkan mengajukan tawaran fantastis untuk mengambil saham mayoritas, keluarga Glazer lebih memilih menerima tawaran dari Ratcliffe yang hanya membeli saham minoritas. Setelah negosiasi panjang, kesepakatan akhirnya tercapai.

“Manchester United plc (NYSE: MANU) hari ini mengumumkan bahwa mereka telah menandatangani perjanjian yang mana Ketua INEOS, Sir Jim Ratcliffe, akan mengakuisisi 25 persen saham Kelas B Manchester United dan hingga 25 persen saham Kelas A Manchester United dan memberikan tambahan 300 juta euro yang dimaksudkan untuk memungkinkan investasi masa depan ke Old Trafford,” tulis pernyataan klub.

Manchester United vs Galatasaray Liga Champions 2023-24 - UEFA
Liga Champions 2023-24 – UEFA

Sir Jim Ratcliffe Akan Benahi Operasional Manchester United

Melalui proses akuisisi saham 25 persen itu, Sir Jim Ratcliffe akan memiliki wewenang untuk mengelola operasional Manchester United. Hal itu mencakup restrukturisasi jajaran manajemen serta perbaikan infrastruktur klub mulai dari akademi.

“Sebagai bagian dari transaksi, INEOS telah menerima permintaan Dewan untuk mendelegasikan tanggung jawab pengelolaan operasional sepak bola klub. Hal ini akan mencakup semua aspek operasional dan Akademi sepak bola pria dan wanita, serta dua kursi di dewan Manchester United PLC dan dewan Klub Sepak Bola Manchester United,” bunyi pernyataan klub lagi.

Keberhasilan membeli saham minoritas Man United lantas disambut gembira oleh SJR. Sebagai orang Inggris, dia mengaku memiliki ambisi untuk mengembalikan khitah Man United sebagai tim papan atas Eropa seperti dulu.

“Sebagai anak lokal dan pendukung setia Klub, saya sangat senang bahwa kami dapat menyetujui kesepakatan dengan Dewan Manchester United yang mendelegasikan kepada kami tanggung jawab pengelolaan operasional sepak bola Klub,” kata Ratcliffe.

Dia menambahkan, “Kami berkomitmen untuk bekerja sama dengan semua orang di Klub, Dewan, staf, pemain, dan fans, untuk membantu memajukan Klub. Ambisi kami bersama jelas: kami semua ingin melihat Manchester United kembali ke tempat kami berada, di puncak sepakbola Inggris, Eropa, dan dunia.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *