Berita Sepakbola Terlengkap

Berita Sepakbola Terlengkap Indonesia

Liga 2 Boleh Pakai 2 Pemain Asing

BolaMilenia.com – Kompetisi Liga 2 musim 2023-24 dipastikan boleh menggunakan pemain asing. Namun, jumlahnya berbeda dengan aturan di Liga 1, di mana Liga 2 hanya diperbolehkan memiliki dua orang pemain asing.

Kepastian tersebut diungkapkan oleh Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB), Ferry Paulus. Dia juga mengatakan jika klub-klub tak akan keberatan dengan aturan tersebut dilihat dari sisi ekonomi.

“Kalau melihat pemain lokal dengan strata yang mendekati pemain asing, rasanya asing yang nanti kita akan bidik untuk Liga 2 ini nilainya hampir-hampir mirip,” kata Ferry seperti dikutip dari Antara.

“Jadi sebagian besar klub-klub sudah tahu. Tadi saya sudah sampaikan bahwa pemain asing yang ada sekarang ini nilainya tidak jauh berbeda dengan pemain lokal,” sambungnya.

Direktur Utama PT LIB Ferry Paulus (tengah) saat owner meeting - LIB
LIB

Rencana penggunaan pemain asing untuk Liga 2 musim mendatang sejatinya bukan rencana baru. Pasalnya, hal tersebut sudah diungkapkan oleh Ketua Umum PSSI, Erick Thohir pada Sarasehan Sepak Bola Indonesia pada Maret lalu.

Pada saat itu, usulan soal penggunaan pemain asing sudah diutarakan di depan para pengurus klub Liga 2. Yang kemudian disetujui oleh klub-klub tersebut.

2014 Jadi Kali Terakhir Menggunakan Pemain Asing

Penggunaan pemain asing di kasta kedua kompetisi sepak bola Indonesia terakhir kali terjadi pada 2014 silam. Ketika itu, nama kompetisi masih Divisi Utama, sebelum akhirnya dihentikan karena sanksi FIFA.

Setelah itu, sejak 2016 saat bermana Indonesia Soccer Championship B penggunaan pemain asing tak diperbolehkan. Begitu pula saat nama kompetisi berubah menjadi Liga 2 pada 2017.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *